Butuh Modal, Ini Beda KTA dan Kredit Multiguna!

69 Likes Comment
perbedaan kta dan kredit multiguna kgm

Ada banyak pilihan kategori pembiayaan yang bisa anda pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis. Beberapa diantaranya seperti kredit multiguna hingga Kredit Tanpa Agunan atau sering disebut dengan KTA.

Masing-masing dari rekomendasi pembiayaan seperti ini memiliki limit atau nilai pinjaman yang berbeda. Bahkan, lembaga peminjam seperti bank juga menerapkan persyaratan yang sangat berbeda untuk setiap pilihan produk layanan itu.

Ini yang membuat anda harus bisa memilih pembiayaan sesuai dengan kebutuhan bisnis. Apalagi setiap pembiayaan ini memiliki beban bunga dengan perhitungan tenor yang cukup berbeda. Cobalah anda pahami beda KTA dan kredit multiguna agar bisa menentukan pembiayaan yang efisien dan ideal.

Beda KTA dan kredit multiguna dari defenisi umum

Masing-masing dari pembiayaan seperti Kredit Tanpa Agunan dan Kredit Multiguna tentu saja memiliki perbedaan secara umum. Bahkan, hal ini juga akan mempengaruhi para calon nasabah untuk menentukan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan.

Defenisi Kredit Tanpa Agunan atau KTA

KTA merupakan salah satu jenis pembiayaan yang diberikan dari lembaga peminjam tanpa harus menggunakan agunan sama sekali. Ini yang membuat KTA sangat populer di berbagai kalangan masyarakat.

Selain itu, nominal dari pinjaman yang diberikan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, nilai bunga yang dibebankan kepada para nasabah akan disesuaikan dengan kebijakan bank. Pengajuan KTA juga bisa dilakukan dengan mudah bahkan dengan cara online.

Defenisi Kredit Multiguna

Kredit Multiguna adalah jenis pembiayaan yang ditawarkan dari lembaga peminjam seperti bank kepada nasabah dengan jaminan atau agunan. Kategori jaminan yang diberikan berupa asset dengan nominal yang ditentukan oleh pihak peminjam.

Kredit seperti ini memang memiliki banyak peminat. Apalagi nominal atau limit pinjaman yang diberikan juga dianggap sangat besar. Hal ini yang membuat banyak calon nasabah lebih memilih untuk menggunakna kredit multiguna dalam pengembangan usaha. Tenor yang tersedia juga cukup lama sehingga dianggap sangat membantu.

Beda KTA dan kredit multiguna dari berbagai aspek

Ada banyak aspek yang bisa menjadi pertimbangan bagi anda untuk menentukan pilihan KTA hingga Kredit Multiguna. Hal ini juga yang memberikan pengaruh besar terhadap penggunaan pinjaman untuk jangka waktu yang cukup lama.

Selain itu, masing-masing dari pembiayaan yang ditawarkan biasanya akan memiliki ketentuan dan persyaratan khusus. Perbandingan seperti ini yang akan membantu anda untuk mendapatkan pilihan ideal dari produk pembiayaan. Berikut ini beberapa beda KTA dan kredit multiguna yang dilihat dari banyak aspek sekaligus:

Proses pengajuan pinjaman

Salah satu dari perbedaan yang paling mencolok dari KTA dan multiguna tentu saja proses pengajuan pinjaman. Masing-masing layanan pembiayaan ini memang berasal dari lembaga peminjaman yang sama. Namun, persyaratan yang ditetapkan tentu saja akan berbeda.

Proses pengajuan peminjaman dari KTA tidak melibatkan asset sebagai agunan. Namun, bila anda mengajukan peminjaman dengan layanan kredit multiguna tentu saja akan membutuhkan asset sebagai jaminan. Proses peminjaman yang dibutuhkan juga lebih cepat KTA dibandingkan dengan Kredit Multiguna.

Persyaratan yang ditetapkan

KTA dan Multiguna menetapkan persyaratan yang sangat berbeda. Hal ini selalu menjadi pertimbangan bagi calon nasabah untuk mengajukan pinjaman. Sebagian mereka menganggap bahwa semakin mudah persyaratan maka pembiayaan itu yang akan dipilih.

Hingga saat ini KTA masih menjadi salah satu jenis pembiayaan yang menawarkan kemudahan. Bahkan, para calon nasabah bisa mengajukan pinjaman melalui rincian slip gaji hingga rekening koran. Namun, pembiayaan seperti Kredit Multiguna akan membutuhkan asset sebagai jaminan untuk persyaratan utama dari pinjaman.

Tentu saja persyaratan itu dianggap cukup memberatkan. Apalagi proses pengajuan pinjaman juga dianggap cukup lama. Selain itu, tidak seluruh calon nasabah memiliki asset yang bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan nominal pinjaman sangat besar.

Tenor atau jangka waktu pinjaman

Kemudahan yang ditawarkan dari KTA tentu saja akan berdampak pada tenor atau masa pinjaman yang ditetapkan oleh lembaga peminjam. Biasanya Kredit Tanpa Agunan akan menerapkan masa tenor dari mulai 1 tahun hingga 5 tahun.

Tentu saja perhitungan waktu dari pinjaman seperti ini dianggap tidak terlalu lama. Ini membuat para nasabah mulai memperhitungkan nilai pinjaman selama tenor yang diberikan. Namun, berbeda dengan Kredit Multiguna yang bisa mendapatkan tenor atau masa pinjaman hingga 25 tahun.

Kondisi seperti ini membuat banyak calon nasabah yang mengambil keputusan untuk mendapatkan pinjaman dengan jumlah yang besar. Apalagi mereka memiliki kesempatan dan waktu pengembalian yang lebih lama.

Nominal dari limit pinjaman

Perbedaan yang patut diperhitungkan tentu saja limit pinjaman yang ditawarkan dari masing-masing pembiayaan. Nominal pinjaman yang diberikan dari KTA biasanya sangat terbatas. Hal ini dikarenakan kemudahan pengajuan pinjaman hingga tanpa agunan sama sekali.

Nominal pinjaman yang diberikan melalui program KTA biasanya mencapai 50-70 juta. Perhitungan itu juga akan tergantung dari kebijakan yang dikeluarkan oleh lembaga peminjam. Limit pinjaman itu sangat berbeda dibandingkan dengan Kredit Multiguna. Lembaga peminjam akan menawarkan pinjaman hingga lebih dari 100 juta.

Nominal yang sangat besar ini juga disesuaikan dengan nilai asset yang menjadi jaminan. Semakin besar nilai asset maka anda juga akan semakin besar mendapatkan jumlah pinjaman.

Penawaran bunga pinjaman

Setiap pembiayaan yang ditawarkan lembaga pinjaman memiliki bunga yang berbeda. Nilai dari bunga yang ditawarkan juga akan sangat berbeda sesuai dengan jenis pinjaman. Hal yang perlu anda ketahui tentu saja bunga pinjaman dari KTA dianggap lebih tinggi dibandingkan dengan Kredit Multiguna.

Bahkan, bunga yang ditetapkan untuk KTA mencapai 1-2 persen setiap bulannya. Perhitungan ini sangat berbeda dibandingkan dengan Kredit Multiguna yang menawarkan bunga cukup terjangkai mencapai 1 persen setiap bulan. Pemilihan dari bunga ini juga harus diperhitungkan dengan sangat baik. Apalagi hal ini dilakukan untuk menghindari gagal bayar.

Fungsional pembiayaan

Anda harus memahami dari fungsional setiap pembiayaan yang ditawarkan melalui jenis pinjaman. KTA biasanya digunakan untuk kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini yang membuat persyaratan dari pengajuan juga cukup mudah dilakukan.

Selain itu, nominal yang didapatkan juga hanya cukup untuk kebutuhan tertentu. Namun, pada Kredit Multiguna biasanya akan berfungsi untuk pengembangan usaha. Kondisi seperti ini yang membuat persyaratan dari pengajuan Kredit Multiguna memang sangat sulit. Jumlah yang didapatkan juga lebih besar dibandingkan dengan KTA.

Masing-masing dari pilihan pembiayaan seperti KTA dan Kredit Multiguna sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, anda juga harus memperhitungkan kemampuan untuk membayar. Biasanya metode seperti ini dilakukan untuk menghindari peluang gagal bayar. Ada banyak kerugian yang anda dapatkan bila mengalami gagal bayar dari seluruh jenis pembiayaan. Sebaiknya anda lebih mengutamakan penggunaan dari pembiayaan itu untuk kegiatan yang bersifat produktif untuk meningkatkan valuasi dari pinjaman.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja