Ini 8 Syarat dan Tips Agar Pengajuan KTA Disetujui

23 Likes Comment
pemberitahuan Pengajuan KTA Disetujui

Masing-masing lembaga peminjam seperti Bank memiliki persyaratan bagi para calon nasabah untuk mengajukan KTA. Bahkan, ada beberapa persyaratan yang sangat penting untuk diberikan. Selain itu, Bank memiliki perhitungan khusus terhadap nilai pinjaman yang diinginkan calon nasabah. Apalagi produk pinjaman ini bisa dinikmati tanpa adanya jaminan.

Kondisi seperti ini yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengajukan KTA. Bahkan, kamu juga harus mempersiapkan berbagai dokumen penting hingga menyelesaikan tanggungan pinjaman sebelumnya. Tentu saja nilai dari bunga yang diberikan dari KTA itu juga harus dihitung dengan sangat baik. Kamu bisa mencoba beberapa tips agar pengajuan KTA disetujui dengan mudah dan cepat.

Tips agar pengajuan KTA tidak ditolak lembaga peminjam

Setiap lembaga peminjam seperti bank memiliki penilaian dan persyaratan tertentu untuk memberikan pinjaman berupa produk KTA. Hal ini juga akan mempengaruhi nilai dari nominal hingga tenor dari pinjaman yang diajukan.

Bila bank memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi kepada pemohon maka dengan mudah memberikan persetujuan untuk mendapatkan KTA. Namun, kondisi seperti ini juga akan melibatkan beberapa hal sekaligus. Bahkan, kamu juga bisa mencoba berbagai tips agar pengajuan KTA disetujui, seperti:

Memiliki usia sesuai persyaratan

Ini adalah persyaratan yang wajib untuk dipenuhi dari setiap pemohon KTA. Lembaga peminjam seperti bank memberlakukan persyaratan usia minimum. Hal ini dilakukan agar pemohon memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan cicilan yang sudah ditetapkan.

Selain itu, usia yang menjadi persyaratan utama itu juga berkaitan dengan kondisi produktifitas. Tentu saja ini akan memberikan kemudahan bagi bank dalam menawarkan pinjaman. Kemampuan bayar juga dihitung dari usia yang dimiliki oleh pemohon.

Memiliki catatan kartu kredit yang baik

Tips agar pengajuan KTA disetujui tentu saja dengan memiliki catatan kartu kredit yang baik. Hal ini bisa dilihat dari seluruh rincian yang dimiliki. Kamu harus memiliki catatan pembayaran kartu kredit yang ideal. Misalnya saja kamu selalu membayar cicilan kartu kredit tepat waktu.

Selain itu, nominal dari pembayaran cicilan kartu kredit sebaiknya tidak hanya berdasarkan minimum saja. Ini akan mempengaruhi score credit yang kamu butuhkan untuk mendapatkan pinjaman KTA. Bahkan, limit kartu kredit yang kamu gunakan secara berkala juga akan menjadi perhitungan bagi seluruh bank.

Semakin besar nilai limit yang kamu gunakan dan lunasi secara berkala maka pihak bank akan memberikan peluang dalam menyetujui KTA.

Menjadi nasabah di bank yang ditunjuk

Tentu saja kamu harus menjadi nasabah di bank yang akan mendapatkan permohonan KTA. Ini akan memudahkan pihak bank untuk melihat seluruh history transaksi dan nilai tabungan yang kamu miliki.

Bahkan, bila kamu sudah menjadi nasabah dalam waktu yang cukup lama maka akan semakin mudah untuk mendapatkan persetujuan dari pihak bank. Pastikan bahwa nilai tabungan kamu terus bertambah secara berkala.

Biasanya perhitungan dari nominal tabungan juga sekitar 20 persen dari pendapatan. Bila kamu rutin menabung maka bank akan memberikan penilaian kemampuan bayar yang sangat baik untuk kamu.

Slip gaji dengan nominal cukup besar

Persyaratan yang memiliki pengaruh besar dalam pengajuan KTA tentu saja slip gaji. Bila kamu memiliki slip gaji tetap yang diberikan setiap bulan maka ini akan memudahkan kamu mendapatkan KTA. Namun, kamu juga harus ingat bahwa nominal gaji yang tertera dalam slip itu juga disesuaikan dengan nominal pinjaman yang diajukan.

Semakin besar slip gaji yang kamu miliki maka nominal dari KTA yang bisa diajukan juga cukup besar. Perhitungan dari slip gaji menjadi elemen penting bagi penilaian pihak bank dalam kemampuan bayar yang dimiliki pemohon. Bahkan, nominal dari slip gaji juga membuat pihak bank akan semakin mudah menawarkan banyak pilihan produk KTA.

Credit Score yang baik

Pastikan kamu memiliki credit score yang baik. Hal ini bisa dilihat dan dihitung dari seluruh kegiatan pinjaman yang kamu lakukan. Misalnya saja kamu menggunakan beberapa kartu kredit sekaligus dengan metode cicilan yang tidak pernah terlambat.

Selain itu, hindari pembayaran cicilan minum untuk seluruh transaksi yang kamu miliki melalui kartu kredit. Bahkan, seluruh kegiatan pinjaman lain yang berasal dari lembaga peminjam seperti P2P Lending juga harus diselesaikan dengan tepat waktu.

Metode seperti ini memberikan kamu mendapatkan credit score yang tinggi. Apalagi ini mempengaruhi penilaian bank dalam mendapatkan pemohon dengan kemampuan bayar yang tepercaya.

Lolos BI Checking atau SLIK OJK

Pihak bank memiliki akses data terhadap BI Checking atau SLIK OJK. Data ini menjadi referensi penting bahwa kamu tidak masuk dalam daftar hitam pinjaman yang diberlakukan. Kondisi seperti ini yang membuat kamu harus melakukan pemeriksaan ulang terhadap history pinjaman yang dilakukan sebelum mengajukan KTA.

Cobalah minta rincian dari SLIK OJK dan segera melunasi seluruh tunggakan atau nilai pinjaman yang dimiliki sebelumnya. Bila kamu tidak termasuk dalam daftar hitam BI Checking atau SLIK OJK maka bank dengan mudah untuk memberikan persetujuan pinjaman KTA.

Memiliki data yang benar termasuk kontak

Kamu harus ingat untuk memberikan seluruh data melalui formulir dengan benar. Data ini juga akan memudahkan pihak bank untuk melakukan survey langsung kepada alamat yang dituju. Selain itu, data itu juga dijadikan sebagai pertimbangan bagi bank dalam memberikan nilai atau nominal pinjaman.

Berbagai data penting yang harus kamu berikan seperti alamat tempat tinggal, pekerjaan, nominal penghasilan, kontak dan lainnya. Bahkan, bila kamu menjadi nasabah dari bank itu juga harus memiliki data yang sama.

Mudah dihubungi pihak bank

Tips seperti ini harus diperhitungkan dengan sangat baik oleh para pemohon. Pihak bank akan menghubungi kamu dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk melakukan verifikasi dari data yang sudah diberikan. Biasanya perwakilan dari pihak bank akan menghubungi melalui telepon rumah atau ponsel.

Pastikan kamu memiliki waktu khusus untuk menjawab panggilan yang dilakukan oleh pihak bank. Respon yang diberikan dari proses verifikasi oleh pihak bank juga menjadi pertimbangan yang sangat penting.

Pilih KTA Sesuai dengan kemampuan bayar

Berbagai pilihan produk KTA yang ditawarkan dari pihak bank memang memberikan kemudahan bagi banyak pemohon. Bahkan, kamu juga bisa melakukan perbandingan terhadap banyak produk KTA yang tersedia. Hal ini biasanya dilakukan untuk menentukan KTA yang menawarkan benefit lebih baik.

Namun, kamu juga harus ingat untuk memilih jenis KTA sesuai dengan kemampuan bayar yang dimiliki. Perhitungan ini akan berkaitan dengan nominal dari penghasilan yang kamu dapatkan dalam sebulan. Cara ini dilakukan agar kamu bisa membayarkan kewajiban dari cicilan yang sudah ditetapkan setiap bulan.

Selain itu, ini membantu kamu untuk menghindari posisi gagal bayar yang akan memberikan dampak pada kepercayaan pihak bank.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja