Daftar Harga Baja Ringan Terbaru

10 Likes Comment
Daftar Harga Baja Ringan

Baja Ringan Atap Modern dengan Berbagai Kelebihan

Dalam membuat konstruksi bangunan, dibutuhkan beberapa elemen solid serta berkualitas. Contohnya untuk membangun rangka atap, akan dibutuhkan material yang kuat dan bisa menahan beban berat. Biasanya yang kerap digunakan adalah kayu dan baja ringan.

Memang dari kedua bahan tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. Entah dilihat dari faktor kelenturan, harga, pemasangan, dan lain-lain.

Karena itu akan lebih baik jika Anda sudah mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli bangunan, dengan begitu Anda pun tak akan salah memilih dan membeli bahan bangunan yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Proses Pembuatan

Pembuatan material bangunan ini sebenarnya tak berbeda jauh apabila dibandingkan dengan proses pembuatan batang besi umumnya, serta kanopi baja ringan. Jadi awalnya batubara dan besi diekstraksi kemudian dilebur dalam tungku yang bersuhu tinggi.

Kemudian lelehan dipindahkan pada tempat pembakaran, dengan tujuan menghilangkan kotoran yang tersisa di bahan tersebut. Kemudian baja akan didiamkan supaya memadat di dalam cetakan dengan bentuk persegi panjang.

Hasilnya baja ringan mempunyai kekuatan cukup tinggi. Walaupun begitu baja ringan tetaplah elastis, dengan begitu cocok digunakan sebagai dinding dan konstruksi atap bangunan. Yang menentukan hasil final nantinya adalah proses pembuatan konstruksi.

Apabila ada kesalahan kecil ketika pemasangan, dapat menimbulkan kerusakan yang fatal. Karena itu dalam memilih bahan bangunan, para kontraktor tak boleh sembarangan. Wajib sesuai fungsinya dan mempunyai kualitas tinggi.

Jenis-jenis baja ringan

1. Reng

Jenis pertama ini mempunyai bentuk trapesium. Biasanya dipakai untuk peletakan genteng. Ketebalan dari reng adalah 0,45 mm dan ketinggiannya adalah 28 – 40 mm. Anda juga harus mengetahui tentang tinggi rendahnya profil Reng itu akan mempengaruhi kekuatan dari jenis rangka baja ini. Untuk Anda yang hendak memakai genteng dengan bahan beton. Kami sarankan Anda untuk memakai renang yang memiliki tinggi minim 30 mm.

2. Kaso metal baja ringan

Ini adalah jenis baja ringan yang dibuat menggunakan plat baja, dan memiliki gaya tarik yang tinggi. Jenis yang juga dikenal dengan sebutan TRUS ini juga cocok apabila Anda gunakan untuk membuat atap baja ringan, ataupun untuk kaki-kaki utama baja ringan.

3. Taso

Jenis yang berikutnya adalah taso. Jenis taso ini mempunyai ketebalan 0,75 mm dan juga 1 mm. Tinggi dari taso adalah 7,5 cm, lebar kaki 3,5 cm dan per batang panjangnya adalah 6 m.

Aksesoris

Dalam pemasangan baja ringan, Anda akan membutuhkan aksesoris. Terdapat beberapa aksesoris pendukungnya, antara lain.

  1. Dynabolt berdiameter 12 mm, panjang 100 mm.
  2. Bracket L, yang memiliki profil tebal 1,5 mm.
  3. Batu dengan tipe selfdrilling screw dengan ukuran 12 – 14 x 20 bright zinc yang digunakan untuk truss. Sementara itu untuk reng disarankan memakai baut dengan ukuran 10 hingga 16 bright zinc.

Truss

Truss merupakan kerangka yang dibuat dari baja ringan, kuat dan tahan terhadap cuaca buruk. Pemasangannya juga sangatlah mudah. Bahkan dapat dilepas kembali dengan mudah. Struktur dari truss awet dan tahan lama, tak mudah rusak.

Ditambah dengan lapisan anti korosi, memungkinkan baja ringan Truss ini cocok untuk Anda jadikan sebagai pilihan aplikasi atap konstruksi bangunan Anda.

Pemasangannya dapat Anda sesuaikan dengan model atap yang Anda inginkan atau butuhkan. Anda dapat membuatnya serasi dengan menggunakan penutup atap yang sudah kerap dipakai. Contohnya adalah genteng beton atau genteng metal.

Harga Baja Ringan

Ukuran (Tebal)Harga
RengRp. 26.500/btg
Genteng Metal Pasir
(85cmx85cm)
Rp. 28.500/lembr
Kanal C 0,75Rp. 60.500/btg (6meter)
Skrup Kanal C (1.000)pcs
Skrup Genteng(1.000)pcs
Rp. 135.500/dus
Rp. 80.000/dus
Alumunium Foil Single
(1m x 50m)
Rp. 250.500/roll
Alumunium Foil Double
(1m x 50m)
Rp. 280.500/roll
Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Metal”Rp. 120.500/m2
Rangka Atap Saja + “Rencana Atap Genteng Keramik”Rp. 125.500/m2
Rangka Atap + Genteng MetalRp. 185.500/m2
Rangka Atap + Genteng Metal + Alumunium FoilRp. 200.500/m2

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja