Daftar Harga Gypsum Terbaru

25 Likes Comment
daftar harga gypsum terbaru

Mengapa gypsum banyak dipilih untuk pembuatan plafon dan dinding interior rumah?

Panel gypsum ini adalah material bangunan yang terdiri atas lembaran plester gypsum yang lebar dan rata, diapit 2 lapisan kertas. Dikenal juga dengan nama lain drywall, papan gypsum, dan papan dinding.

Biasanya material ini dipakai untuk pembuatan plafon dan dinding interior sebuah rumah. Ada alasan mengapa material yang satu ini banyak dipilih, itu karena harganya yang lebih murah, pengerjaan juga lebih cepat, serta pemasangan yang lebih mudah dibanding menggunakan bahan yang lain.

Proses pembuatan papan gypsum

Material utama dari sebuah papan ini tidak lain adalah kalsium sulfat. Di mana bahan ini didapatkan dengan ditambang dari dalam tanah. Kalsium sulfat mempunyai kandungan kristal air kurang lebih 20%.

Dari pertambangan, material langsung melalui proses penghancuran, serta proses pengeringan. Sesudahnya diberi tambahan air, beberapa macam material yang lain supaya tercipta material baru yang disebut Plaster Paris.

Kemudian Plaster Paris ini dijepit memakai alat khusus sehingga terbentuklah sebuah papan berwarna putih ini.

Terdapat 4 macam pilihan dari bentuk jadi papan ini, yakni tipe X, dengan ketahanan yang bagus dan tahan pada panas api, jenis yang kedua adalah Vapor Barrier, umumnya diberi lapisan foil supaya tak gampang lembab. Ketiga, adalah papan anti air, yang cocok dipakai untuk dapur dan kamar mandi. Terakhir yakni gypsum exterior, yang umum digunakan untuk atap, langit-langit ruangan, dan sofit.

Untuk ukurannya sendiri dibagi jadi beberapa jenis, yang paling umum tersedia di pasaran yakni 1,2 x 2,4 mm, memiliki ketebalan 8 – 12 mm. Walaupun ukurannya terbatas, tetapi mudah dipotong sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan gypsum

Lebih Ringan

Dibandingkan bahan bangunan yang lain untuk dinding rumah, contohnya dinding beton, bobot dari material yang biasaya berwarna putih ini juga  jauh lebih ringan. Dan ini menjadi salah satu keunggulan utama. Sebab dapat membuat penghuni rumah jadi lebih aman, khususnya saat ada gempa.

Mudah diperbaiki

Kelebihan kedua dari papan gypsum adalah mudah diperbaiki. Contohnya apabila dinding ada kerusakan, contohnya lecet atau berlubang, maka cukup Anda dempul di bagian yang rusak itu, bisa juga dengan memotong pada bagian yang rusak lalu menempelkannya lagi pada papan gypsum yang baru.

Mudah dipasang

Yang ketiga, papan ini lebih mudah untuk dipasang. Pemasangan gypsum di dinding interior rumah memang sangat mudah. Cukup siapkan rangka dinding, kemudian bahan ini dapat langsung Anda tempel.

Untuk proses pengerjaan juga relatif cukup cepat, dibandingkan dengan menggunakan dinding beton, harus menyiapkan batu bata dan semen dahulu, sehingga proses pembuatan juga cukup lama.

Harga Murah

Apabila Anda memakai gypsum, maka biaya pengeluaran untuk pembangunan juga dapat ditekan, sebab sifat papan ini ringan dan tidak mengharuskan Anda membuat pondasi rumah yang sangat kuat.

Juga, Anda dapat memasang sendiri bahan material gypsum untuk dinding, jadi pengeluaran untuk membayar tukang bangunan pun dapat dihilangkan.

Seperti yang Anda ketahui bahwa biaya tukang khususnya di kota besar sekarang ini cukup tinggi. Jadi penghematan yang dapat Anda lakukan pun cukup banyak.

Ramah lingkungan

Papan gypsum juga lebih ramah lingkungan. Karena jika sudah tak digunakan lagi, maka gypsum akan melebur langsung dalam tanah. Sehingga tidak menjadi polusi.

Berbeda dengan bahan plastik yang terkenal tidak ramah lingkungan. Bahan ini juga dapat membantu menghemat penggunaan energi dalam rumah.

Karena bahan ini dapat membuat ruangan jadi lebih dingin, sebab memang dasar sifat materialnya itu tak menyerap hawa dingin, sehingga cocok digunakan pada ruangan ber – AC, udara dingin akan tahan lebih lama.

Harga Gypsum

Harga Gypsum per Lembar

Jenis dan UkuranHarga (Rp)
Aplus 9mm (1.20×2.40)58.500
Star 9mm (1.20×2.40)59.500
Knauf 9mm (1.20×2.40)60.500
Elephant 9mm (1.20×2.40)61.500
Jayaboard 9mm (1.20×2.40)63.500

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja