Daftar Harga Mesin RO Termurah

76 Likes Comment
Daftar Harga Mesin RO Termurah

Apa Itu Mesin Reverse Osmosis?

Mesin RO – Reverse Osmosis merupakan sebuah proses penyaringan dari larutan konsentrasi tinggi menggunakan membran semipermeable. Sistem reverse osmosis ini sendiri dulunya sering digunakan pada kapal laut yang berlayar dalam jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi awak kapal.

Mudahnya seperti ini, para awak kapal akan mengolah air laut menjadi air tawar (Desalinasi) menggunakan pompa bertekanan tinggi dan menyaringnya menggunakan filter air super tebal. Air yang dihasilkan akan menjadi bersih baik dari segi warna, rasa dan kandungan. (lihat gambar dibawah)

cara kerja reverse osmosis

Seiring berjalannya waktu, Inovasi filter semakin berkembang sehingga alat yang dibutuhkan pun bisa menjadi semakin kecil dan tak perlu tempat yang luas. Saat ini sendiri mesin air RO sudah banyak digunakan di berbagai segmen mulai skala rumah tangga hingga Industri.

Sistem Kerja Reserve Osmosis

Mesin reverse osmosis biasanya terdiri dari serangkaian filter seperti pre-filter dan post-filter. Bagian pre-filter berguna untuk menyaring air dari sumber sebelum akhirnya dialirkan melalui membran. (lihat gambar di bawah).

sistem kerja mesin RO

Air umpan (sumber) dialirkan melalui filter catridge, carbon granular serta carbon block. Pada tahap ini biasakan air akan mulai bersih seperti misalnya jika air sumber berwarna kekuningan maka akan menjadi jernih. Air yang sudah bersih itu kemudian di pompa agar mampu menembus membran semipermeable.

Membran mesin RO ini biasanya terdiri dari selulosa asetat, selulosa triasetat dan resin poliamida. laju aliran sendiri ditentukan dari ketebalan membran itu sendiri. Semakin tebal membran maka semakin kecil air yang dialirkan namun hasilnya lebih bersih. Air yang sudah bersih ini kemudian dialirkan ke dalam tangki penampungan tanpa menggunakan optical brightening agent.

Setiap mesin memiliki sistem dan analisa yang berbeda ada yang langsung menggunakan air dari tangki penampungan ada pula yang menambahkan sebuah filter lagi yang berisi karbon aktif sebelum dialirkan ke kran. Penambahan karbon aktif ini berguna untuk memastikan air yang dihasilkan benar-benar dalam kondisi bersih, tidak berwarna dan berbau.

Beda Air Mineral, Demineral dan Air Alkali

Manusia sangat membutuhkan yang namanya air untuk melakukan berbagai macam proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan cairan bisa membuat kinerja dan kesehatan menjadi terganggu. Sebagaimana yang dijelaskan sejak kecil, setidaknya tubuh kita memerlukan minimal 2 liter air setiap harinya. Meskipun angka itu bisa dibilang juga tidak pasti karena aktivitas setiap orang berbeda dan tentu saja dengan kebutuhannya.

Salah satu jenis air yang sering dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan air harian ini adalah air mineral. Namun sayangnya tak banyak yang mengetahui bahwa sebenarnya di pasaran sendiri ada dua jenis air yang beredar yakni air mineral, air demineral dan air alkali.

Air Mineral

Sesuai namanya, Air mineral memang air yang mengandung sejumlah mineral terlarut di dalamnya seperti kalsium, magnesium dan kandungan mineral lainnya yang memang tidak bisa diproduksi oleh tubuh.

Mengonsumsi air mineral memang baik untuk tubuh, sebagaimana yang dijelaskan oleh dr. Anita Amalia Sari yang mengatakan kandungan magnesium dan kalsium yang terdapat pada air mineral berperan dalam mencegah gangguan saraf, penyakit jantung dan menjaga kesehatan tulang.

Air Demineral

Berbanding terbalik dengan air mineral, Air demineral tidak mengandung mineral sama sekali maka dari itu air demineral sering disebut juga air murni karena didapatkan melalui sejumlah proses pemurnian seperti destilasi, deionisasi dan reverse osmosis membuat kandungan mineral di dalamnya menjadi berkurang.

Menurut Dr. Charles Mayo tubuh manusia membutuhkan mineral organik yang mana bisa ditemukan pada sayuran dan buah. Sementara itu mineral anorganik tidak dibutuhkan oleh tubuh karena membuat kinerja tubuh menjadi lebih berat.

Mengonsumsi air demineral baik untuk kesehatan karena tidak akan menambah jumlah mineral anorganik dalam tubuh dan membantu membersihkannya yang tertimbun dalam tubuh.

Air Alkali

Trend akan air alkali memang beberapa tahun belakangan meningkat. Air alkali adalah air hasil olahan yang telah melalui proses ionisasi dan elektrolisis sehingga membuat pH air berada di kisaran 8-9 dan menjadi basa.

Saat ini sendiri masih menjadi perdebatan mengenai manfaat air alkali. beberapa penelitian menunjukkan bahwa air dengan pH 8 memang dapat menonaktifkan pepsin penyebab asam lambung, melancarkan darah sehingga cocok buat penderita darah tinggi, diabetes dan kolesterol.

Mana yang lebih baik?

Tim ‘Air Mineral‘ berpegang teguh akan keyakinan bahwa asupan mineral memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sementara itu ‘Tim Demineral‘ justru sebaliknya karena mereka beranggapan tubuh tidak membutuhkan mineral anorganik. Sementara itu, air alkali dikenal karena harganya yang mahal namun masih perlu kajian lebih lanjut soal manfaatnya.

Jadi sebenarnya tidak ada yang lebih baik karena semua memiliki keuntungan tersendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Berapa Harga Mesin RO?

Harga mesin Reverse Osmosis sangat dipengaruhi oleh kapasitas dan filter yang digunakan. Biasanya mesin RO menggunakan satuan GDP (Gallon per Day) dimana 1 GDP itu sekitar 3,78 Liter.

Merk Mesin ROHarga
Hydro Mesin RO Rumah TanggaRp4.719.000
Hydro Mesin RO Industri (Kapasitas 5 m³/hari)Rp55.000.000
Hydro Mesin RO Industri (Kapasitas 1 m³/jam)Rp65.000.000
Mesin RO 200 GPD (20-30 galon/hari)Rp3.850.000
Mesin RO 400 GPD (40-50 galon/hari)Rp5.850.000
Mesin RO 1000 GPD (100-120 galon/hari)Rp10.900.000
Mesin RO 2000 GPD (200-300 galon/hari)Rp14.900.000
Mesin RO 4000 GPD (400-500 galon/hari)Rp21.650.000

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja