Daftar Harga Triplek dan Multiplek Terbaru

40 Likes Comment
Daftar Harga Triplek dan Multiplek Terbaru

Mengenal triplek dan multipleks

Di dalam dunia perkayuan, jika Anda sudah masuk di dalam bidang ini cukup lama, pasti mengenal istilah triplek dan multipleks. Tetapi untuk Anda yang masih baru mungkin baru pertama kali mendengarnya. Sekarang kami akan menjelaskan kepada Anda apakah perbedaan di antara keduanya.

Triplek dan Multipleks Apa Bedanya?

Jadi kedua material ini adalah kayu olahan yang dibuat menggunakan lembaran-lembaran kayu tipis, lalu dipres, dilem jadi satu bagian. Harganya cukup murah serta gampang diolah. Lembaran yang sudah diolah jadi papan kayu ini disebut dengan nama plywood.

Terkait perbedaan antara multipleks dan triplek ini berdasar jumlah lapisan kayunya. Jika lapis lembaran kayu itu jumlahnya 3 lembar, disebut tripleks, sementara apabila lapisan penyusunnya tersusun atas 3 lembar maka disebut multipleks.

Untuk kualitas multipleks tak ditentukan hanya oleh jumlah lapisan lembarnya, namun bergantung pada beberapa faktor, antara lain proses pengepresan, jenis kayu, beserta daya rekat lem yang dipakai untuk menggabungkan setiap lapisan kayu.

Ukuran standar dari multipleks yang kerap beredar di pasaran sekarang yakni 120×240 cm, ketebalannya adalah 3 – 18 mm.

Oke, sekarang Anda sudah tahu apa perbedaan di antara keduanya. Sekarang mari membahas apa kelebihan masing-masingnya.

Kelebihan tripleks

  1. Dapat didaur ulang
  2. Praktis, mudah untuk dibentuk
  3. Punya kualitas bagus
  4. Tak gampang susut, jadi ukurannya bisa dipertahankan
  5. Memiliki ketahanan tinggi pada perubahan cuaca yang ekstrim
  6. Memiliki variasi ketebalan yang beragam, jadi bisa disesuaikan kebutuhan
  7. Memiliki ketahanan yang bagus pada air
  8. Cocok dijadikan rangka utama furniture, sebab strukturnya kuat dan kokoh

Kelebihan multipleks

  1. Kuat dan stabil

Jadi kayu multipleks ini mempunyai tekanan tarik yang terbilang tinggi. Hal tersebut mengakibatkan lapisan penyusunnya tak mudah tereduksi, jadi akan tetap stabil, walaupun digunakan untuk menopang bobot dan tekanan yang besar sekalipun.

  1. Insulator

Kelebihan kedua dari multipleks karena kayu ini adalah insulator. Atau mempunyai sifat kedap bangunan yang bagus, cocok digunakan untuk insulasi suara ataupun insulasi termal.

Untuk insulator termal, dapat menjaga supaya suhu panas tidak keluar, tetap bersirkulasi dalam bangunan. Termasuk insulator suara, di mana kayu multipleks ini dapat menjaga supaya suara bising tak keluar dari dalam ruangan.

  1. Daya tahan tinggi

Tidak hanya bisa untuk menahan beban yang berat, tetapi kayu multipleks ini juga tahan pada air, cairan kimia, udara lembab, dan api sekalipun. Kayu ini termasuk kayu olahan yang dapat dilapisi lapisan yang tak gampang terbakar, contohnya semen fiber atau eternit.

  1. Tampilan estetis

Walaupun kayu multipleks itu tak sesolid kayu asli, namun tetap tersusun dari beberapa lapisan kayu asli. Dengan begitu dapat menampilkan guratan layaknya kayu asli, jadi permukaannya tetap terlihat estetis dan cocok digunakan untuk memperindah interior.

Untuk kualitas dari kayu multipleks sendiri ditentukan berdasarkan ketebalan kayu tersebut. Apabila menambah tebal lapisan multipleks tidak berarti menjadikan multipleks lebih kuat.

Karena itu, jenis multipleks yang cukup tebal, contohnya exterior wood atau hard wood bisa menahan beban yang berat dan besar.

Sementara itu kalau triplek tak hanya difungsikan untuk bahan bangunan saja, tetapi juga bisa dipakai untuk beberapa hal yang lain, contohnya untuk atap sebuah kandang, rumah untuk burung, dan lain-lain.

Sementara itu triplek dapat digunakan untuk mempercantik desain rumah, sebab sekarang ini banyak kayu tripleks yang berdesain modern dan minimalis.

Harga Triplek dan Multiplek per Lembar

JenisHarga (Rp)
Triplek 2mm37.500
Triplek 3mm49.500
Triplek 4mm54.500
Triplek 6mm68.500
Triplek 9mm95.500
Triplek 12mm154.500
Triplek 15mm175.500
Triplek 18mm203.500
Blockboard 18mm200.500
Teakblock 18mm274.500
Polywood Cap Kunci 3mm85.500
Teakwood 3mm93.500
Kilap kc70.500
Dop kc73.500
Kilap lumba-lumba65.500
Dop (Hitam)82.500
Kilap (Hitam)82.500
Kilap (Biru)82.500
Kilap (Abu-abu)82.500
MDF63.500

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja