Tips memilih dan Daftar Harga Mesin Absen Terbaik

14 Likes Comment
harga mesin absensi digital

Kebutuhan mesin absen saat ini memang semakin meningkat. Apalagi ada banyak perusahaan yang menerapkan WFO atau working from office sebagai salah satu penilaian bagi pegawai atau karyawan. Biasanya pencatatan waktu kehadiran pada pegawai memang akan menjadi pertimbangan dan penilaian dari pihak perusahaan.

Mesin untuk absen saat ini memang sudah melalui tahap digitalisasi. Hal ini berarti bahwa mesin ini akan mengandalkan sidik jari sebagai bukti bahwa pegawai sudah hadir di kantor. Cobalah bandingkan masing-masing dari rekomendasi mesin yang bisa anda gunakan. Fitur hingga harga mesin absen berikut ini akan menjadi pertimbangan penting.

Tips mudah untuk memilih mesin absen

Hingga kini ada banyak pilihan dari mesin untuk absen yang bisa anda gunakan. Masing-masing dari pilihan mesin itu memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda. Pastikan bahwa anda sudah menerapkan pertimbangan yang ideal untuk mendapatkan mesin terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Mungkin anda bisa mencoba beberapa tips mudah untuk memilih mesin absen terbaik saat ini, seperti:

Kenali jenis mesin yang anda butuhkan

Saat ini ada banyak pilihan jenis mesin untuk absen yang ada di pasaran. Masing-masing dari mesin ini memiliki karakter dan fitur yang berbeda. Hal yang paling membedakan antara mesin satu dengan lainnya adalah metode perekaman waktu yang diterapkan. Jenis dengan metode perekaman waktu itu terdiri dari tipe USB atau SD, tipe Biometrik, tipe perekam kartu hingga tipe kartu IC.

Jenis dari mesin yang saat ini sering digunakan adalah tipe USB atau SD. Hal ini dikarenakan seluruh data karyawan bisa langsung dipindahkan ke perangkat lain. Selain itu, tipe perekam kartu adalah mesin yang sangat lama dan masih menggunakan kartu. Khusus untuk tips kartu IC masih menggunakan kartu khusus yang dikeluarkan dari perusahaan. Jenis yang paling baru adalah biometric yang mengandalkan sidik jari hingga melalui metode pengenalan wajah.

Pilih mesin dengan fitur pengaturan tanggal

Anda harus ingat bahwa tidak seluruh mesin ini memiliki fitur pengaturan tanggal yang mudah diubah. Pastikan bahwa anda menggunakan jenis mesin yang menawarkan kemudahan dalam merubah waktu seperti tanggal. Hal ini sangat membantu pihak personalia untuk menyesuaikan dengan tanggal penerimaan gaji. Semakin mudah pengaturan dari fitur mesin itu maka hal ini akan membantu perusahan melakukan analisa hingga penilaian kepada karyawan.

Utamakan mesin yang mudah digunakan

Penggunaan dari mesin seperti ini memang akan mengutamakan penggunaan yang lebih baik dan dimengerti oleh seluruh pegawai. Tidak seluruh mesin yang memiliki fitur tercanggih bisa memberikan kenyamanan bagi pegawai yang menggunakan. Misalnya saja mesin dengan tipe biometric biasanya tidak bisa berfungsi dengan baik bila presisi dari sidik jari tidak tepat.

Hal ini justru akan menjadi penghambat bagi pegawai yang ingin tepat waktu. Kuasasi seluruh fitur yang ada di dalam mesin untuk absen ini. Ini akan membantu anda mendapatkan rincian penilaian dari absensi yang lebih mudah.

Rekomendasi mesin absen terbaik dengan fitur terbaru

Sebenarnya masing-masing dari mesin untuk absen ini memiliki fitur yang hampir mirip. Namun, beberapa mesin juga memiliki keunggulan yang sangat berbeda dibandingkan dengan lainnya. Anda juga harus mempertimbangkan harga dari setiap mesin untuk absen ini. Hal ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan untuk menggunakan mesin itu. Harga yang mahal tidak menjadi jaminan bahwa perusahaan anda memang membutuhkan mesin itu. Berikut ini ada beberapa rekomendasi mesin absen yang dengan fitur terbaik seperti:

  1. Kozure Finger Print FP-130
    Ini adalah satu pilihan mesin absen yang populer dan memiliki harga cukup terjangkau. Kozure Finger Print FP-130 bisa digunakan untuk mengabsen hingga 1000 pegawai. Mesin ini juga sangat sesuai untuk penggunaan sistem shift yang berlaku di perusahaan. Apalagi perekaman data bisa dilakukan hingga 16 departemen atau bidang dan 24 shift sekaligus.

    Ini adalah mesin yang termasuk dalam tipe biometric. Pada interface bagian depan terdapat LCD dengan ukuran sekitar 2,4 inch yang berfungsi untuk menampilkan zona waktu. Desain yang sangat modern dan compact bisa ditempatkan dengan sangat mudah. Mesin ini memiliki banderol harga sekitar 485 ribu.
  2. Fingerspot Revo FF-153BNC Pro
    Bagi perusahaan besar berskala nasional hingga multinasional mungkin bisa menggunakan Fingerspot Revo FF-153BNC Pro. Mesin ini memiliki keunggulan dengan seluruh fitur yang berhasil memberikan data perekaman secara rinci. Sistem biometric yang diterapkan dilakukan dengan pengenalan wajah.

    Hal yang lebih mengesankan lagi adalah mesin ini juga memiliki dukungan kamera IR. Kamera ini berfungsi untuk merekam dan melakukan pengenalan wajah dengan mudah meskipun keadaan ruangan cukup gelap. Mesin ini menawarkan beberapa metode transfer data atau file melalui USB port, port Ethernet hingga USB Client. Anda bisa mendapatkan mesin ini dengan banderol sekitar 2,8 juta rupiah.
  3. Solution Mesin Absensi Access Door X-304
    Pilihan lain dari mesin absensi yang sangat modern dan canggih adalah Solution Mesin Absensi Access Door X-304. Mesin ini sangat cocok bila digunakan untuk perusahaan besar yang menerapkan sistem keamaan maksimal.

    Salah satu fitur penting yang ditawarkan dari mesin ini adalah integrasi sidik jari dengan akses pintu. Jadi, pintu akan terbuka bila akses dari sidik jari sudah sesuai dengan data yang dimiliki mesin ini. Mesin ini memiliki layar LCD dengan ukuran sekitar 3 inch. Bila anda menempelkan sidik jari maka seluruh data dari profile akan muncul di LCD.

    Tentu saja penerapan keamanan ini sangat dibutuhkan bagi ruangan tertentu. Harga dari mesin canggih ini mencapai  2 juta rupiah.
  4. Solution Mesin Absenssi P100
    Rekomendasi lain dari mesin yang memudahkan pekerjaan dari personalia adalah Solution Mesin Absenssi P100. Mesin ini menawarkan fitur canggih yang memudahkan perekaman data pegawai dengan cepat.

    Anda bisa mengirimkan data perekaman sidik jari langsung dengan perangkat lain melalui software khusus. Biasanya pengiriman file ini juga akan membutuhkan jaringan internet. Fitur lain yang bisa anda gunakan adalah pembagian dari shift yang mudah diatur dengan cepat.

    Bahkan, interface dari fitur untuk pembagian shift ini sangat mudah dipahami. Mesin ini memiliki banderol mulai dari 1,3 juta rupiah.
  5. Biofinger Mesin Absensi Wajah AF800
    Mungkin anda bisa mempertimbangkan Biofinger Mesin Absensi Wajah AF800 sebagai salah satu mesin yang sangat canggih untuk perusahaan besar.

    Mesin ini memiliki kolaborasi perekaman data melalui sidik jari dan pengenalan wajah. Sistem yang terintegrasi juga bisa anda dapatkan dengan mudah hingga 0,5 detik. Mesin ini juga bisa menampung pengenalan wajah dan sidik jari hingga 400 kali dengan waktu berbeda.

    Seluruh fitur yang ditawarkan memang sangat cocok untuk perusahaan yang memiliki sistem keamanan canggih dan jumlah pegawai yang cukup banyak. Mesin ini memiliki harga sekitar 1,285 juta rupiah.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja