Daftar Harga Tepung Jagung & Maizena Terbaru

74 Likes Comment
Daftar Harga Tepung Jagung & Maizena Terbaru

Dikenal Gluten Free, Tepung Jagung & Maizena, Apa Perbedaanya?

Embel-embel free gluten belakangan memang banyak disematkan ke dalam beberapa produk olahan berbahan dasar gandum (Serelia). Banyak yang mengklaim makanan free gluten jauh lebih sehat namun benarkah?

Apa itu Gluten?

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang sifatnya seperti lem berguna untuk melekatkan beragam makanan di dalam tubuh. Hadirnya gluten sendiri dapat membuat adonan menjadi mengembang dan kenyal sehingga seringkali dimanfaatkan dalam proses pembuatan makanan.

Sayangnya, tak semua orang bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gluten terlebih mereka yang terlanjur terkena Celiac Disease. Para penderita penyakit ini umumnya tak akan bisa mengonsumsi gluten lagi mengingat jika dipaksakan hanya membuat lapisan usus halus terluka dan menghambat penyerapan nutrisi.

Efek Samping Konsumsi Gluten

Berbagai penelitian yang dilakukan oleh sejumlah pakar kesehatan, Mengungkapkan bahwa konsumsi gluten berlebih terlebih dalam jangka panjang bisa menyebabkan timbulnya sejumlah permasalahan pada kesehatan:

1. Alergi atau radang di kulit
Reaksi yang seringkali timbul dari mengonsumsi gluten berlebih dalam jangka panjang adalah munculnya iritasi pada kulit baik itu berupa gatal-gatal hingga ruam. Jika gejala seperti itu muncul usai anda mengonsumsi gluten maka sebaiknya segera berhenti.

2. Gangguan Pencernaan dan Lambung
Dalam gluten juga terkandung senyawa peptida yang mana memang bisa membuat sembelit dan menyebabkan iritasi pada lambung. Tak cuma itu saja, peptida juga bisa menyerap zat-zat baik dari makanan yang anda konsumsi sehingga mempengaruhi kesehatan tulang.

3. Dapat Menyebabkan Usus Bocor
Banyak mengonsumsi gluten yang tak diimbangi dengan serat membuat usus harus bekerja jauh lebih keras dibanding saat biasa, Hal inilah yang menyebabkan sembelit. Jika dibiarkan terus maka bisa mengakibatkan usus halus terkikis dan mengalami kebocoran.

Perbedaan Tepung jagung & Pati jagung (Maizena)

Setidaknya jagung diolah menjadi tiga jenis ‘tepung‘, yang mana tiap jenisnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda yakni Beras jagung, tepung jagung dan pati jagung.

1. Beras Jagung

Diantara ketiganya beras jagung memang memiliki bentuk yang sedikit berbeda karena teksturnya memang cenderung kasar dengan beberapa macam ukuran. Proses pembuatannya sendiri dilakukan dengan cara menggiling biji jagung hingga ukuran yang dibutuhkan, kemudian dilakukan proses pencucian dan perendaman. Langkah terakhir adalah menjemur hingga kering.

Beras jagung sendiri biasanya diolah menjadi tambahan dalam nasi meskipun ada juga orang yang memang mengganti seluruh nasinya menjadi beras jagung. Keunggulan beras jagung adalah rendahnya indeks glikemik namun kaya akan serat sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi pelaku diet, penderita kolesterol tinggi dan diabetes.

2. Tepung Jagung

Seringkali orang salah bingung antara tepung jagung dengan pati jagung bahkan tak sedikit yang menganggapnya sama. namun, sebenarnya keduanya memiliki sejulah perbedaan. Tepung jagung dibuat dari biji jagung yang diolah melalui proses penepungan secara utuh tanpa melalui proses pemisahan dan pengupasan sehingga teksturnya sedikit kasar.

Tepung jagung yang beredar dipasaran biasanya tersedia dalam dua macam yakni yang berwarna putih dan kuning. Meski memang harus diakui jika yang berwarna kuning lebih mudah ditemukan. salah satu hasil olahan tepung jagung yang terkenal adalah polenta atau bubur jagung khas Italia utara.

Beberapa merk yang beredar dipasaran antara lain adalah Fit’s tepung jagung, Tepung healthy and natural, Gasol.

3. Pati Jagung / Cornstarch (Maizena)

Nama sebenarnya adalah tepung pati jagung, namun orang-orang memang lebih mengenal dengan sebutan maizena. Padahal maizena sendiri awalnya merupakan nama sebuah brand pati jagung yang terkenal di meksiko. Saat ini di Indonesia lebih banyak yang menggunakan kata maizena dibanding pati jagung.

Maizena memiliki karakteristik yang kenyal dan lengket. Berwarna putih dengan tekstur yang halus. Pati jagung ini didapat setelah melalui proses perendaman, fermentasi dan diambil saripatinya.

Meski sama-sama terbuat dari jagung, namun tepung jagung dan pati jagung dan maizena memiliki kandungan yang berbeda. Hal ini terjadi karena pada proses pati jagung dilakukan pengupasan sehingga nutrisinya tidak utuh. Sementara itu dari segi gizi kandungan maizena juga berbeda.

Kandungan gizi tepung jagung dan maizena per 100 gram

Kandungan Tepung Jagung Pati Jagung (Maizena)
Energi 1594 kj 1506 kj
Kalori 381 kkal 360 kkal
Lemak 0.05 gram 0 gram
Karbohidrat 91.27 gram 89 gram
Protein 0.26 gram 1 gram

Selain kandungan diatas, jagung juga mengandung banyak antioksidan, serat dan senyawa fitokimia organik yang baik untuk tubuh. Namun, itu semua kembali lagi dari kualitas jagung yang diolah.

Berapakah Harga Tepung Jagung dan Maizena?

Harga dari tepung jagung dan maizena dipasaran sendiri bisa dibilang cukup beragam, biasanya ada beberapa faktor yang mempengaruhi dari harga produk ini seperti misalnya berat produk dan jenis jagung yang digunakan. 

Harga Tepung Jagung

Jenis dan merk Ukuran Harga
Tepung Jagung Pilihan 500gr Rp.4000
Tepung Polenta (Cornmeal) MPASI 50gr Rp.10000
Tepung Jagung Aroma Pandan 1000gr Rp.10000
Tepung Polenta Coarse 100gr Rp.10000
Tepung dari Jagung Aroma Jeruk 1 kg Rp.11000
Tepung dari Jagung Organik 250gr Rp.11500
Tepung Jagung Serambi Botani 250gr Rp.11900
Tepung Jagung Healthy And Natural 250gr Rp.12000
FIT’S Tepung Jagung 600gr Rp.22000
FIT’S Jagung Lokal 300gr Rp.15000
GASOL Organic Tepung Jagung 400gr Rp.23300
Tepung Jagung Putih 500gr Rp.15000
Tepung Polenta Diet Gluten Free 500gr Rp.14500

Harga Tepung Maizena

Jenis dan merk Ukuran Harga
Maizena Labu Mas 100gr Rp.2000
Bakerking Maizena 100gr Rp.2400
Maizena Vita 100gr Rp.2500
Exspot Holland Maizena 100gr Rp.2500
Royal Holland Maizena 100gr Rp.2500
Maizena 328 1 kg Rp.2600
Maizenaku 100gr Rp.2800
Mamasuka Maizena 150gr Rp.3000
Maizena Logo Mas 100gr Rp.3000
Maizena RW 150gr Rp.3000
Holland Windmill Maizena 150gr Rp.3000
Maizena Hawai 200gr Rp.3000
Havana Maizena 200gr Rp.3500
Tepung Maizena Haan 150gr Rp.3500
Clara Maizena 100gr Rp.4000
Tepung Maizena Bola Deli 250gr Rp.6600
Tepung Maizena kiloan los 1000gr Rp.14500
Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja