Perbedaan Air Tanah dan Air Permukaan? Yuk, Cari Tahu

25 Likes Comment
bagaimana perbedaan air tanah dan air permukaan

Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengerti tentang jenis air yang ada di dunia. Pada umumnya air akan dibagi menjadi dua jenis yakni air permukaan yang dikenal dengan surface water. Serta ada pula air tanah atau yang bisa disebut juga dengan ground water. Kedua jenis tanah ini tentunya tak sama. Untuk itu, di dalam pembahasan kali ini akan diulas tentang perbedaan air tanah dan air permukaan, simak selengkapnya berikut ini.

Apa yang dimaksud Air Tanah dan Air Permukaan?

Pengertian

Air permukaan merupakan air yang terdapat di atas permukaan bumi. Untuk itu, kamu pun bisa menemukannya di waduk, sungai maupun danau. Perlu untuk kamu ketahui, bahwa air yang ada di permukaan ini memiliki sifat yang sangat penting bagi keberlangsungan semua makhluk hidup. Mulai dari manusia, hewan dan tumbuhan sebagai air untuk minum. Pasalnya, makhluk yang hidup akan membutuhkan minum sebagai salah satu bentuk untuk bertahan diri.

Sedangkan perbedaan air tanah dan air permukaan, maka setelah membahas pengertian dari air permukaan, saatnya beralih ke air tanah. Dimana air tanah merupakan air yang terdapat di bawah tanah. Air ini akan tersimpan di ruang yang berada di antara partikel batu. Sehingga, bagi kamu yang ingin mendapatkan air tanah maka nantinya kamu bisa mengebor sumur dan memompa air untuk keluar.

Air tersebut nantinya akan bergerak secara perlahan di bawah tanah. Pada umumnya, air yang bergerak ke bawah ini akan mengarah pada sudut ke bawah. Hal ini dikarenakan adanya pengaruh dari gravitasi. Sehingga, pada akhirnya nanti air tanah ini akan mungkin untuk meresap ke danau, lautan dan juga sungai. Hal dasar ini lah yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebelum beralih ke perbedaan yang lain.

Baca Juga:  Punya Ciri Berbeda, Ini Perbedaan Hulu dan Hilir Sungai

Manfaat dan Contoh Air Tanah dan Air Permukaan

Jika dilihat dari segi manfaatnya, maka air tanah dan air permukaan pun memiliki fungsi yang berbeda. Air jenis ini pada umumnya akan memiliki peranan yang penting bagi kehidupan rumah tangga dan juga industri. Manfaat tersebut antara lain untuk kebutuhan sehari hari seperti mencuci, masak, hingga mandi. Selain itu, air tanah sendiri jga memiliki manfaat untuk irigasi atau sumber air bagi pertanian.

perbedaan air tanah dan air permukaan dari segi manfaat pun juga dapat dilihat dari sistem industri. Dimana air tanah sering kali dimanfaatkan untuk sumber air industri yakni industri tekstil. Yang mana dapat dimanfaatkan untuk pencelupan, hingga untuk industi kulit yang digunakan untuk membersihkan kulit, serta lain sebagainya. Tak hanya itu saja, air tanah pun juga memiliki fungsi dalam siklus hidrologi.

Hal ini dikarenakan air tanah merupakan salah satu kebutuhan air bagi hewan dan tumbuhan. Sehingga dapat dikatakan sebagai persediaan air bersih secara alami. Kamu pun perlu tahu bahwa pembangkit listrik yang aa di salah satu pedukuhan kecil di kawasan karst Gombong Selatan, juga menggunakan air tanah sebagai sumber pembangkit listrik. Menarik bukan?

Selain itu, kamu pun juga perlu untuk mengetahui perbedaan air tanah dan air permukaan, jika dilihat dari segi manfaat air permukaan. Dimana air permukaan ini juga bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan olahraga. Tentu saja, kamu pun mengenal olahraga air seperti diving, surfing hingga snorkeling dan banana boat. Berbagai macam olahraga air yang bisa sebagai bentuk pelepas stres ini ternyata juga menggunakan air permukaan di dalam penggunannya.

Air permukaan juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk transportasi. Baik yang berada di sungai maupun di laut maka hal ini akan bisa bermanfaat untuk perahu nelayan maupun kapal yang ingin mencari ikan di laut. Bahkan transportasi perdagangan pun juga bisa menggunakan air permukaan, sehingga kamu pun bisa menaiki kapal seperti sekarang ini. dengan manfaat tersebut, tentu saja akan bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi makhluk hidup, terutama manusia.

Baca Juga:  Pengertian, Perbedaan Animisme dan Dinamisme + Contoh

Bagi kamu yang ingin melakukan budidaya ikan, maka mengetahui perbedaan air tanah dan air permukaan, maka air permukaan dapat bermanfaat untuk kegiatan satu ini. Dengan memanfaatkan air permukaan dengan maksimal, maka hal tersebut nantinya akan bisa untuk bermanfaat bagi lingkungan di sekitar, salah satunya adalah untuk budidaya ikan yang bisa sebagai bentuk pekerjaan bagi mereka yang memiliki tempat tinggal di sekitar danau.

Perbedaan dari kedua jenis air tersebut tentu saja bisa menambah pengetahuan yang selama ini belum tentu kita mengerti. Dengan begitu, setelah membaca ulasan ini, kamu pun menjadi tahu bahwa air memiliki jenis yang bisa dibedakan. Tak hanya pengertiannya saja yang sama, melainkan manfaat yang bisa didapatkan untuk kelangsungan kehidupan pun memiliki fungsi yang tidak sama. Sehingga, kamu pun bisa menjadi lebih paham tentang air tanah dan air permukaan ini.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja