Perbedaan Anabolisme dan Katabolisme

33 Likes Comment
contoh anabolisme dan katabolisme

Kita tentunya tidak asing dengan yang namanya metabolisme. Metabolisme sendiri bisa diartikan sebagai semua proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh organisme. Tujuan proses ini tentunya untuk menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas pada kehidupan. Dan metabolisme sendiri dibedakan menjadi dua yakni anabolisme dan katabolisme. Untuk mengetahui lebih dekat tentang keduanya, yuk simak perbedaan anabolisme dan katabolisme berikut.

Pengertian Anabolisme dan Katabolisme

Secara sederhana, anabolisme adalah proses di dalam penyusunan senyawa kimia menuju ke senyawa kompleks atau juga yang dikenal dengan mokromolekul. Senyawa ini bisa berasal dari berbagai zat mulai dari karbohidrat, lemak, protein maupun asam nukleat. Untuk bisa melakukan proses anabolime, maka bisa dilakukan dengan dua cara yaitu kemosintesis dan fotosintesis. Dimana untuk fotosintesis membutuhkan cahaya sementara kemosintesis dari bahan kimia.

Sementara untuk katabolisme merupakan proses pemecahan atau penguraian dari senyawa kompleks yang menjadi sederhana. Atau kata lainnya menyederhanakan senyawa yang ada. Proses katabolisme bisa dilakukan dalam dua tahapan yakni, respirasi dan fermentasi. Yang membedakan kedua tahap ini adalah kebutuhan oksigen. Proses respirasi harus ada bantuan oksigen, sementara untuk proses fermentasi bisa dijalankan tanpa ada bantuan dari oksigen.

Proses Pembentukan Unsur Senyawa

Perbedaan anabolisme dan katabolisme bisa dilihat dari pembentukan unsurnya yang memang berbeda. Anabolisme menggabungkan senyawa dari senyawa sederhana hingga menjadi kompleks. Sementara pada katabolisme, memecahkan unsur senyawa kompleks menjadi lebih sederhana. Proses yang dihasilkan anabolisme adalah energi yang sangat penting untuk tubuh. Berbeda dengan katabolisme yang justru melepas energi yang tak dibutuhkan.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Perbedaan Tawon dan Lebah

Fungsi Anabolisme dan Katabolisme

Fungsi kerja pada anabolisme yaitu untuk memperbaiki sistem organ yang sedang mengalami masalah ataupun kerusakan. Hal ini sangat berbeda dengan katabolisme yang memanfaatkan energi untuk bisa menjalankan fungsi organ. Dalam proses anabolisme zat yang besar dibuat dari sumber materi kecil. Dan untuk katabolisme justru mengurai zat tersebut, katabolisme juga memiliki fungsi yang penting yaitu merubah gas O2 menjadi Co2 yang dikeluarkan tubuh.

Reaksi Anabolisme dan Katabolisme

Reaksi yang dimiliki keduanya juga menjadi perbedaan anabolisme dan katabolisme selanjutnya. Pada proses anabolisme akan muncul reaksi sintesis dehidrasi berbeda dengan katabolisme, yang menyebabkan reaksi hidrolisis. Begitu juga dengan proses oksidasi yang dilakukan keduanya justru menghasilkan reaksi reduksi. Apabila keduanya digabungkan, maka akan membentuk jaringan yang berjalan layaknya siklus teratur serta terjadi terus menerus.

Proses Pembentukan Zat

Hal yang menjadi perbedaan selanjutnya adalah proses pembentukan zatnya yang memang dibutuhkan guna, membentuk sistem metabolisme yang baik. Tetapi untuk katabolisme bisa terjadi pada jamur maupun bakteri karena proses fermentasi. Senyawa yang mengalami aktivasi maka akan memproduksi zat yang baru dari pemanfaatan energi ATP. Dimana dari cara kerja tersebut menghasilkan zat yang berbeda, karena cara kerjanya yang juga berbeda.

Sementara untuk Anobolisasi akan menghasilkan asam nukleat, lemak, protein hingga polisakarida. Yang mana dalam katabolisme akan dibuat sisa dari proses tersebut. Sehingga bisa dikatakan jika perbedaan anabolisme dan katabolisme ini memiliki pembentuk zat yang berbeda dengan hasil yang berbeda. Namun kedua proses ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dan akan bergantian dalam prosesnya.

Peranan anabolisme dan juga katabolisme begitu besar serta bisa mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh. Untuk itu keduanya harus melakukan kerjasama karena memang saling berkaitan dan juga akan berjalan bergantian. Dengan mengetahui perbedaannya, maka akan memudahkan untuk memahami lebih jelas tentang anabolisme dan juga katabolisme.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Pembuahan Tunggal dan Ganda pada Tumbuhan

 

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja