Pengertian, Perbedaan Difusi dan Osmosis + Contoh

5 Likes Comment
persamaan peristiwa difusi dan osmosis

Gerakan spontan yang dilakukan oleh suatu partikel atau jaringan ini memiliki proses yang berbeda beda. Apabila terdapat membran yang membatasi alirannya juga memiliki alur yang cukup berbeda, daripada tanpa membran. Tidak hanya itu, besarnya konsentrasi dari pelarut juga jadi variabel yang saling memengaruhi. Perbedaan difusi dan osmosis ini juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti proses dasarnya. Yuk intip ulasannya di bawah ini!

Perbedaan Dasar Peristiwa Difusi dan Osmosis

Proses Pergerakan

Proses dari difusi ini dapat terjadi apabila ada dua molekul gas dalam suatu tempat. Hal ini dapat terjadi apabila tidak ada membran yang membatasi kedua molekul gas tersebut. Dengan begitu proses ini bergantung pada konsentrasi dari dua molekul gas yang ada di suatu wadah. Pergerakan spontan dari molekul yang konsentrasinya lebih tinggi akan ke arah molekul dengan konsentrasi lebih rendah. Lalu keduanya dapat bercampur.

Lain halnya dengan osmosis yang memiliki proses lebih kompleks, karena sejatinya gerakan ini akibat dari difusi. Perbedaan difusi dan osmosis kali ini terletak pada pergerakan jaringan yang terjadi secara spontan tetapi melalui membran semipermeable yang memiliki molekul ringan. Proses ini juga dapat terjadi saat air dan partikel bergerak dari satu sel ke sel yang lain. Selain itu, perantara di sekeliling sel memiliki konsentrasi yang lebih tinggi daripada sel.

Fungsi

Pergerakan partikel secara spontan dari proses difusi ini memberikan fungsi yang sangat bermanfaat untuk organisme, salah satunya tumbuhan. Dalam prosesnya, bisa menciptakan energi dan membantu pernapasan. Pergerakan partikel dalam suatu tempat ini juga dapat membantu untuk fotosintesis agar dapat menghasilkan sumber makanan dan oksigen untuk organisme lain. Selain itu, fungsi dari proses ini juga bermanfaat untuk transpirasi.

Baca Juga:  8 Perbedaan Hikayat dan Cerpen dari Unsur Intrinsik

Osmosis ini memiliki fungsi yang kompleks, baik untuk hewan maupun tumbuhan. Pada hewan berperan pada saat distribusi nutrisi dan pembuangan hasil sisa proses metabolisme. Perbedaan difusi dan osmosis ini mengambil peran pada saat proses fotosintesis, yaitu pada saat proses penyerapan air. Selain itu, proses ini juga penting sebagai kebutuhan utama tanaman. Fungsi lainnya juga pada saat pengangkatan cairan dari daun ke tanaman.

Gradien Konsentrasi

Kedua proses ini memiliki konsep dasar gradien konsentrasi yang berbeda. Proses difusi akan terjadi pada saat partikel bergerak dari konsentrasi tinggi ke gradien yang lebih rendah. Selain itu, proses difusi ini juga dipengaruhi oleh factor factor lainnya. Pada proses osmosis, jaringan dapat bergerak dari konsentrasi yang lebih rendah ke gradien lebih tinggi. Kunci dari osmosis dengan adanya membrane semipermeable yang berperan sebagai batas.

Medium

Keduanya merupakan proses pergerakan spontan yang terjadi karena dua molekul atau lebih berada dalam tempat yang sama. Perbedaannya osmosis memiliki lapisan pemisah yang sangat tipis. Selain itu, perbedaan difusi dan osmosis juga terdapat pada medium yang memengaruhinya. Difusi tidak memerlukan medium air dalam proses pergerakannya. Lain halnya dengan osmosis yang membutuhkan air agar dapat bergerak melintasi lapisan tipis semipermeable tersebut.

Gerakan spontan yang dilakukan dua molekul dipengaruhi oleh jenis molekul, konsentrasi, dan lapisan yang ada di dalamnya. Dengan begitu, dapat dikategorikan termasuk dalam proses difusi atau osmosis. Keduanya memiliki proses, definisi, fungsi, gradien konsentrasi, dan medium yang berbeda beda. Akan tetapi, kedua proses tersebut sama sama bermanfaat di dalam kehidupan sehari hari, baik bagi tumbuhan maupun hewan.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja