Perbedaan Kalium dan Kalsium Serta Fungsi Dalam Tubuh

16 Likes Comment
Perbedaan Kalium dan Kalsium Serta Fungsi Dalam Tubuh

Tubuh yang sehat tentu membutuhkan asupan makanan yang bergizi tinggi. Salah satu asupan makanan yang sangat penting untuk tubuh adalah Kalsium dan Kalium. Seringkali banyak orang yang merasa terkecoh dengan dua zat dalam tubuh tersebut. Kedua zat tersebut merupakan asupan dalam tubuh yang sama sama memiliki peran penting untuk tubuh. Yuk simak perbedaan kalium dan kalsium berikut.

Peran Kalsium dan Kalium Untuk Tubuh

  1. Kalium Berfungsi Untuk Ginjal

Salah satu fungsi dari kalium adalah memiliki peran yang sangat berarti untuk jantung atau ginjal. Sehingga keberadaan kalium akan berfungsi secara normal, karena tubuh tidak bisa memproduksi kalium sendiri. Sehingga ada harus benar benar mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium yang sangat tinggi untuk membantu memenuhi asupan mineral untuk tubuh.

Kalium akan menjaga kalsium agar tidak terbuang melalui urin, sehingga akan mencegah terbentuknya endapan mineral kalsium yang dapat menjaga batu ginjal. Menurut sebuah studi, seorang yang sudah tercukupi kalium hariannya akan memiliki resiko terkena batu ginjal yang rendah. Berbeda dengan seorang yang tidak mengkonsumsi kalium sehingga memiliki resiko yang tinggi untuk terkena batu ginjal.

  1. Kalsium Menyehatkan Tulang

Jika kalium memiliki peran utama untuk jantung, maka berbeda dengan kalsium yang memiliki peran untuk tulang dalam tubuh. Perbedaan kalium dan kalsium ini tentu sudah sangat familiar di telinga anda. Sekitar 99% kalsium yang dimiliki oleh tubuh akan tersimpan di dalam gigi dan tulang. Tidak heran jika kalsium seringkali disebut sebut bermanfaat untuk pemeliharaan tulnag.

Baca Juga:  Sering Salah, Inilah Perbedaan Bibit dan Benih

Peran kalsium adalah untuk memperkuat kepadatan tulang anda hingga menginjak usia 20 hingga 25 tahun. Setelah itu kepadatan tulang ada akan menurun secara perlahan, namun jika anda mengkonsumsi kalsium maka ia akan menjaga kepadatan tulang dan memperlambat proses osteoporosis. Kekurangan kalsium sebelum menginjak usia 20 hingga 225 tahun akan meningkatkan resiko terhadap penyakit osteoporosis di kemudian hari.

  1. Kalsium akan Memproses Pembekuan Darah

Jika kalsium akan memiliki fungsi yang bagus untuk saraf, maka kalsium memiliki fungsi yang sangat penting untuk memproses pembekuan darah. Perbedaan kalium dan kalsium satu ini tentu belum banyak orang yang mengetahuinya. Proses pembekuan darah ini akan melibatkan beragam unsur kimia di dalamnya. Kalsium sendiri memiliki peran yang sangat penting untuk proses tersebut. Dalam proses pembekuan darah, kalsium akan dibantu oleh vitamin K dan protein.

  1. Kalium Akan Berfungsi Untuk Menjaga Fungsi Saraf

Selain untuk meningkatkan sistem ginjal, kalium juga memiliki fungsi untuk memelihara saraf. Sistem saraf sendiri akan menghubungkan otak dan tubuh, sehingga keduanya akan saling bersinggungan. Otak akan mengirim pesan ke organ dan bagian tubuh tertentu melalui rangsangan atau impuls listrik. Karena kinerja saraf inilah, tubuh akan mampu mengatur kontraksi otot dan detak jantung, serta menerima rangsangan nyeri.

  1. Kandungan Makanan untuk Kalsium dan Kalium

Dalam unsur kimia Kalsium akan disebut dengan Ca sementara untuk kalium sendiri akan ditulis dengan tata nama K. Perbedaan kalium dan kalsium ini adalah makanan yang mengandung kedua zat dalam tubuh tersebut. Kalsium akan mudah dijumpai di bayam, alpukat, ikan salmon, sarden atau oatmeal. Sementara itu untuk kalium sendiri akan mudah dijumpai di kacang kacangan, kentang, brokoli, ubi dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Apa Saja Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria?

Dengan mengetahui apa saja peran kalsium dan kalium untuk tubuh, maka anda harus lebih waspada untuk memilih asupan makanan. Jangan sampai anda malah kekurangan kalsium dan kalium dalam tubuh karena akan memberikan dampak yang tak bagus untuk tubuh. Anda harus mulai rajin untuk mengkonsumsi kacang kacangan atau sayuran untuk memastikan kadar kalsium dan kalium tercukupi.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja