Apa Saja Perbedaan Otot Polos Otot Lurik dan Otot Jantung?

62 Likes Comment
gambar otot polos lurik dan jantung

Otot adalah salah satu jaringan yang teraat pada struktur tubuh manusia. Dimana bagian ini merupakan alat gerak aktif yang mampu untuk menggerakkan tulang. Sehingga nantinya manusia mampu untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Ada beberapa bagian otot yang perlu untuk kamu tahu. Untuk itu, kali ini akan diulas beberapa perbedaan otot polos otot lurik dan otot jantung. Simak selengkapnya berikut.

Perbedaan Macam-Macam Otot

Berdasarkan Pengertiannya

Jika dilihat dari segi pengertiannya, maka otot polos dapat diartikan merupakan bagian otot yang termasuk di dalam kategori otot reflek atau otot tidak sadar. Dimana hal ini memiliki maksud bahwa otot akan bekerja di alam bawah sadar manusia. Untuk otot polos, terbentuk dari jaringan yakni berupa sel sel otot. Sedangkan untuk otot lurik merupakan jenis otot yang mempunyai penampilan yakni lurik.

Hal ini dapat diartikan bahwa otot satu ini memiliki tampilan yang berseling antara warna gelap dan juga terang. Untuk letaknya sendiri yakni menyebar dan berada pada seluruh bagian tubuh manusia dan juga hewan. Sementara itu, untuk otot jantung sendiri adalah otot yang membentuk jantung. Dimana merupakan jenis dari otot lurik namun dengan segmen yang berubah ubah dari serat protein yang tebal maupun yang tipis.

Fungsi Otot

Perbedaan otot polos otot lurik dan otot jantung, jika ditinjau dari berdasarkan fungsinya yakni untuk otot jantung sendiri bertugas untuk memompa jantung. Tak hanya itu saja, otot ini pun juga berfungsi untuk mengedarkan darah ke seleruh bagian tubuh. Salah satu hal istimewa dari otot satu ini adalah sangat aktif, karena menjalani proses kontraksi dan relaksasi. Sehingga tidak akan mengalami keadaan yang mudah lelah.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Perbedaan Tawon dan Lebah

Sedangkan untuk otot polos sendiri memiliki kontraksi yang lebih lambat dibandingkan dengan otot jantung. Sehingga bertujuan untuk memindahkan zat melalui organ atau pembuluh. Tak hanya itu saja, otot polos pun mampu bekerja dengan berkontraksi dalam gelombang. Dimana untuk gerakan satu ini sering kali disebut dengan peristaltik, yakni yang terjadi pada usus.

Dan untuk fungsi dari otot lurik sendiri adalah untuk memicu kontraksi yang akan menunjang sistem pergerakan, pernapasan, serta postur pada otot rangka. Namun, tak hanya itu saja otot yang memiliki warna lurik ini juga akan memompa darah ke seluruh tubuh. Dimana untuk hal ini dilakukan pada otot jantung. Sehingga perbedaan otot polos otot lurik dan otot jantung akan sangat terlihat berdasarkan fungsinya.

Ciri Ciri Otot

Kemudian, kamu pun juga perlu mengetahui perbedaan jenis otot tersebut berdasarkan ciri cirinya. Untuk otot polos sendiri memiliki bentuk yang gelendong, dimana kedua ujungnya meruncing. Serta memiliki reaksi yang lambat dan tidak mudah lelah. Selain itu, untuk otot jenis satu ini terdapat pada otot urat nadi, otot peredaran darah dan juga otot usus.

Untuk otot ini juga hanya mempunyai 1 inti sel yang berada yakni di bagian tengah. Otot polos ini sendiri juga termasuk otot otonom atau involunter serta untuk ciri lainnya adalah tidak memiliki garis melintang. Sedangkan untuk otot lurik memiliki ciri ciri yang pastinya juga berbeda. Bentuknya sendiri yakni silindris, panjang dan memiliki ribuan serabut yang membentuk jaringan otot.

Letaknya yakni terdapat pada rangka tubuh, pada otot perut, otot pipi dan juga otot lengan. Selain itu, memiliki inti sel yang banyak dan berada di bagian tepi. Otot lurik sendiri termasuk dalam otot volunter yang bekerja dengan kesadaran serta mampu untuk bekerja keras dan cepat. Namun, untuk otot satu ini memiliki sifat yakni mudah lelah. Itulah perbedaan otot polos otot lurik dan otot jantung dari cirinya yang perlu untuk kamu tahu.

Baca Juga:  Ciri-Ciri & Perbedaan Katak dan Kodok

Dengan mengetahui perbedaan dari ketiga jenis otot tersebut, maka tentu saja akan bisa menambah pengetahuan kamu tentang jenis otot. Pasalnya, masing masing otot memiliki fungsi yang berbeda beda. Sehingga,dengan begitu kamu pun akan lebih paham mengenai ketiganya berdasarkan perbedaan yang tertuang di dalam artikel kali ini.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja