5 Perbedaan Glukosa dan Fruktosa

8 Likes Comment
5 Perbedaan struktur Glukosa dan Fruktosa

Tahukah kamu bahwa ternyata gula memiliki jenis yang beragam? Untuk kamu yang sering membaca komposisi nilai gizi di dalam kemasan, mungkin kamu nantinya akan menemukan nama seperti glukosa maupun fruktosa. Keduanya termasuk dalam jenis gula dan sama sama memiliki rasa yang manis. Namun, apa perbedaan glukosa dan fruktosa? Untuk kamu yang penasaran, simak ulasan berikut.

Mengintip Beda Glukosa dan Fruktosa

Pengertian Glukosa dan Fruktosa

Glukosa adalah jenis gula yang berfungsi sebagai penyusun utama dari karbohidrat. Sehingga dapat dikatakan bahwa glukosa merupakan salah satu jenis gula yang paling sederhana dan juga penting bagi metabolisme di dalam tubuh manusia. Dikenal juga dengan monosakarida, hal ini dikarenakan glukosa memiliki struktur yang terdiri dari unit kecil, yang mana merupakan karakteristik dari karbohidrat.

Untuk perbedaan glukosa dan fruktosa dapat dilihat dari pengertiannya. Dimana untuk glukosa sendii merupakan zat yang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, mulai dari manusia, hewan maupun tumbuhan. Hal ini dikarenakan glokosa memiliki fungsi untuk mendapatkan energi. Sehingga nantinya kamu pun akan dapat menemukan glukosa di dalam darah manusia. Untuk itu, glukosa pun dikenal dengan gula darah.

Sedangkan untuk fruktosa merupakan bagian dari monosakarida yang banyak ditemukan di tumbuhan. Jenis gula satu ini pun juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Untuk rasanya sendiri, biasanya manis dan membentuk kristal berwarna putih serta mudah larut di dalam air. Pada tanaman sendiri, biasanya fruktosa menyerupai monosakarida atau dapat dikatakan sebagai bagian dari sukrosa.

Baca Juga:  Bingung Apa Perbedaan Monera dan Protista? Ini Ciri Keduanya

Perbedaan dari Segi Jalur Metabolisme di Dalam Tubuh

Meskipun sama sama jenis gula, namun fruktosa dan glukosa memiliki jalur metabolisme yang berbeda di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan fruktosa tidak mengalir ke dalam darah manusia. Dengan begitu, akan membuat kadar gula menjadi lebih stabil. Dimana, nantinya fruktosa akan masuk ke dalam hari dan selanjutnya akan diproes di dalam organ tersebut.

Sedangkan perbedaan glukosa dan fruktosa yakni untuk glukosa sendiri disalurkan di dalam darah. Sehingga nantinya akan disimpan di dalam sel hati an sel otot. Ketika kamu mendapatkan glukosa yang berasal dari makanan maka nantinya glukosa tersebut akan diserap melalui usus halus. Selanjutnya, barulah akan disalurkan ke dalam darah di dalam tubuh.

Perbedaan dari Segi Hormon

Glukosa mengalir di dalam darah, sehingga gula yang berada di dalam darah sering kali disebut dengan gula darah. Dengan adanya gula darah ini akan merangsang hormon insulin di dalam tubuh. Nantinya, hormon insulin tersebut akan dilepaskan oleh organ yakni pankreas. Dimana berfungsi sebagai pengantar gula darah yang akan masuk ke dalam sel otot maupun sel hati untuk di simpan.

Untuk fruktosa sendiri memiliki sifat lipogenik. Hal ini membantu untuk merangsang produksi sel lemak di dalam tubuh. Dengan adanya fruktosa tersebut nantinya tidak merangsang produksi dari hormon leptin. Dimana bertugas untuk mengatur pengeluaran  maupun asupan energi. Untuk itu, bagi kamu yang mengalami kelebihan fruktosa akan terjadi penumpukan lemak yang lebih cepat. Hal ini memiliki efek yang sama dengan orang yang mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Perbedaan dari Segi Sumber Makanan

Pada dasarnya, jenis makanan banyak yang mengandung asupan gula. Hal ini dikarenakan kedua jenis gula tersebut menjadi sumber energi utama bagi tubuh anda. Terdapat perbedaan glukosa dan fruktosa dari sumber makanan. Biasanya glukosa akan banyak terkandung pada golongan biji bijian. Contohnya seperti roti, sereal, granola, oatmeal instan, pasta dan juga makanan ringan seperti kerupuk dan keripik.

Baca Juga:  Perbedaan Kalium dan Kalsium Serta Fungsi Dalam Tubuh

Sedangkan untuk fruktosa sendiri kebanyakan berasal dari buah buahan, sehingga lebih sering dikenal dengan istilah gula buah. Pasalnya, fruktosa memang dikenal memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan  jenis gula yang lain. Selain itu, fruktosa pun juga bisa dengan mudah untuk dijumpai pada sayuran dan madu. Jenis gula satu ini, juga terbiasa ditambahkan pada minuman beraroma buah maupun minuman bersoda.

Perbedaan dari Segi Fungsi

Jika dilihat dari segi manfaatnya, maka jenis gula ini pun juga memiliki fungsi yang berbeda. Untuk glukosa sendiri, dapat berfungsi sebagai sumber energi. Hal ini dikarenakan glukosa merupakan bahan bakar utama di dalam sistem biologis. Sehingga, senyawa ini pun akan digunakan sebagai sumber energi utama bagi makhluk hidup di dunia, mulai dari bakteri hingga manusia. Glukosa juga memiliki peran di dalam respirasi aerobik dan anerobik.

Hal ini dikarenakan karbohidrat yang mendapatkan energi melalui respirasi aerobik. Sehingga nantinya akan terjadi pemecahan karbohidrat rantai panjang atau polisakarida dan menghasilkan monosakarida glukosa yang akan terjadi di dalam tubuh manusia. Nantinya glukosa tersebut akan mengalami oksidasi menjad karbon monoksida dan air dengan cara melepaskan energi berupa ATP.

Baca juga: Inilah 4 Perbedaan Saprofit dan Parasit!

Sedangkan untuk perbedaan glukosa dan fruktosa dari segi manfaat pun juga tidak sama. Berbeda dengan glukosa yang mampu untuk menghasilkan energi, maka fruktosa ini memiliki fungsi mampu untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Dengan kemampuannya untuk mengawasi kadar gula darah sehingga tidak melonjak secara signifikan. Hal ini dikarenakan gula memiliki potensi untuk menaikkan kadar gula di dalam darah.

Sehingga nantinya akan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti diabetes atau kencing manis. namun, hal ini berbeda dengan jenis gula yakni fruktosa. Disini, fruktosa mampu menjadi kadar gula di dalam darah. Untuk itu, apabila anda mengonsumsi cukup fruktosa maka hal ini akan membuat zat gula yang lain mampu untuk dinetralkan oleh fruktosa.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Pembuahan Tunggal dan Ganda pada Tumbuhan

Jika dilihat dari manfaatnya, perbedaan glukosa dan fruktosa pun nampak jelas. Dimana fruktosa disini juga memiliki fungsi untuk memberikan dukungan pada proses metabolisme di dalam tubuh. Hal ini akan membuat tubuh kamu nantinya akan tampak lebih sehat dan terhindar dari penyakit jika mengonsumsi fruktosa dengan cukup. Hal ini dikarenakan proses metabolisme akan mampu berjalan lebih cepat dengan adanya bantuan enzim yang ada pada fruktosa.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu tahu tentang kedua jenis gula ini. Meskipun fruktosa dan glukosa sama sama memiliki rasa yang manis, akan tetapi kandungan dan juga manfaatnya pun berbeda di dalam tubuh. Sehingga, kamu pun juga wajib untuk memenuhi asupan kedua jenis gula tersebut, agar proses metabolisme di dalam tubuh dapat terjadi dengan baik.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja