Perbedaan Pertumbuhan Primer dan Sekunder Pada Tumbuhan

18 Likes Comment
perbedaan meristem pertumbuhan primer dan sekunder

Pertumbuhan primer atau sekunder merupakan dua proses mekanisme yang terjadi dalam tumbuhan berkayu. Pertumbuhan primer mampu untuk menambah panjang atau tinggi tanaman, maka untuk pertumbuhan sekunder akan menambah diameter atau ketebalan dari tanaman tersebut. Untuk lebih jelasnya, maka kamu bisa mencari tahu perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder berikut ini.

Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Tumbuhan

Pengertian pertumbuhan primer dan sekunder

Jika dilihat dari segi pengertiannya, maka pertumbuhan primer ini merupakan salah satu jenis pertumbuhan yang terjadi dari aksi meristem utama. Hal ini memiliki maksud bahwa pertumbuhan tersebut akan meningkatkan panjang batang dan juga menambahkan pelengkap ke batang. Dengan adanya peningkatan pada panjang tanaman tersebut, dapat terjadi karena adanya pembelahan sel pada meristem apikal.

Dimana hal ini dapat diartikan bawah pertumbuhan primer tersebut terjadi pada apeks akar hingga pucuk tanaman. Sedangkan untuk pertumbuhan sekunder sendiri merupakan pertubuhan yang terjdi dari aksi kambium. Dengan adanya pertumbuhan ini, kamu akan mengetahui tingkatan diameter pada tanaman. Untuk pembelahan pada jaringan kambium ini akan menyebabkan terjadinya pelebaran batang.

Tak hanya itu saja, juga bisa menyebabkan terjadinya pembentukan jari jari empulur dan juga pembentukan lingkaran tahun. Untuk pembelahan jaringan kambium ini dapat dipengaruhi oleh cuaca. Sehingga, ketika musim penghujan akan terjadi pembelahan dengan lebih cepat. Pertumbuhan ini sendiri terjadi karena adanya aksi meristem lateral yang terdiri dari kambium gabus dan kambium vaskular. Dimana hanya terjadi pada tanaman yang berkayu saja.

Hasil Pertumbuhan

Setelah mengetahui definisinya, maka kamu perlu untuk tahu perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder jika dilihat dari hasil pertumbuhannya. Untuk pertumbuhan primer sendiri akan menghasilkan tumbuhan dalam sumbu longitudinal. Dimana untuk hal ini nantinya akan terlihat bahwa tumbuhan atau tanaman tersebut akan menambah tinggi dan juga panjang.

Baca Juga:  Pengertian Serta Perbedaan Endositosis dan Eksositosis

Sedangkan untuk pertumbuhan sekunder, maka nantinya akan menghasilkan pertumbuhan radial. Untuk pengertian atau maksud dari pertumbuhan radial ini sendiri adalah nantinya tumbuhan atau tanaman berkayu tersebut akan menambah diameter maupun keliling batang tanaman. Dengan hasil pertumbuhan yang berbeda tersebut, maka dikenal istilah yakni pertumbuhan primer dan juga sekunder.

Urutan Pertumbuhan

Untuk pertumbuhan primer sendiri, dapat terjadi secara bertahap pada tiga daerah. Pada awalnya, daerah pembelahan yang berada pada bagian ujung batang dan juga bagian ujung akar. Setelah itu tahapan selanjutnya akan terjadi pada daerah pemanjangan yang terletak setelah daerah pembelahan. Dimana pada daerah satu ini, nantinya ukuran tanaman akan menjadi lebih besar dibandingkan dengan sebelumnya.

Hal ini dikarenakan terdapat pembesaran dan juga pemanjangan sel yang terjadi pada tanaman. Selain itu, juga terdapat tahapan ketiga yakni pada daerah diferensiasi. Pada daerah ini nantinya sel sel akan mengalami perubahan fungsi untuk menjadi jaringan yang lebih kompleks. Seperti pada bagian epidermis, floem, xylem, korteks dan juga sklerenkim.

Untuk perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder jika dilihat dari urutannya, maka untuk pertumbuhan primer memiliki tiga daerah yang tumbuh secara bertahap. Sedangkan untuk pertumbuhan sekunder sendiri akan mengikuti dari pertumbuhan primer. Sehingga, untuk tanaman dengan pertumbuhan jenis satu ini tidak memiliki tahapan, namun hanya mengikuti dari pertumbuhan yang terjadi pada tahap primer.

Tempat Terjadinya

Pertumbuhan primer pada umumnya akan terjadi pada semua bagian dari tanaman atau yang merupakan meristem primer. Sedangkan untuk pertumbuhan primer, pada umumnya akan terjadi ada angiospermae dan juga tumbuhan gymnospermae, kecuali pada tumbuhan monokotil. Dimana hal ini merupakan meristem sekunder. Untuk itu, berdasarkan tempat terjadinya kedua jenis pertumbuhan ini memiliki tempat yang berbeda.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Pembuahan Tunggal dan Ganda pada Tumbuhan

Berdasar Waktu Pertumbuhan

Jika dilihat dari segi waktu pertumbuhannya, maka perbedaan pertumbuhan primer dan sekunder juga terdapat beda yang perlu untuk anda ketahui. Dimana untuk pertubuhan primer, nantinya akan berhentu setelah selesainya diferensiasi jaringan. Sedangkan untuk pertumbuhan sekunder waktunya sendiri hanya akan terjadi pada bagian yang matang atau bagian yang benar benar dikembangkan.

Itulah beberapa perbedaan dari pertubumbuhan primer maupun pertumbuhan sekunder. Dimana ada banyak sekali perbedaan dari keduanya, namun kedua jenis pertumbuhan tersebut merupakan runtutan yang terjadi dalam proses pertumbuhan yang dialami oleh tumbuhan. Dimana setelah pertumbuhan primer akan terjadi pertumbuhan sekunder.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja