Jangan Sampai Salah, Inilah 5 Perbedaan Tawon dan Lebah

4 Likes Comment
tawon dan lebah apa beda dan persamaannya

Masih banyak orang yang mengira jika tawon dan lebah adalah hewan yang sama. Namun sebenarnya kedua hewan tersebut merupakan spesies yang berbeda. Meskipun begitu kedua hewan ini memiliki kemampuan menyengat yang menyakitkan. Perbedaan tawon dan lebah bisa dilihat dari perilaku tawon dan lebah itu sendiri. Agar anda tidak salah lagi, yuk simak perbedaan tawon dan lebah berikut.

Membedakan Tawon dan Lebah Melalui Perilaku

> Bentuk Tubuh dan Perilaku

Agar anda lebih mudah untuk membedakan tawon dan lebah, maka anda bisa memperhatikan bentuk tubuh dan kakinya. Tubuh lebah memiliki banyak sekali rambut sehingga membuatnya terlihat gemuk. Sedangkan tawon memiliki tubuh yang ramping dengan pinggang yang menyempit di antara thorax dan abdomen. Tubuhnya pun juga halus dan hanya memiliki sedikit rambut di sekelilingnya.

Selain tubuhnya yang berbeda, anda juga bisa membedakan keduanya melalui kakinya. Kaki lebah memiliki rambut, sehingga saat ia terbang maka kaki belakang lebah akan berada pada posisi sejajar dengan abdomen. Selain itu kaki belakang lebah tercpat corbicula atau keranjang serbuk sari. Sedangkan tawon hanya memiliki sedikit rambut di bagian kaki yang tidak terlihat secara langsung. Meskipun demikian tawon juga memiliki serbuk sari di kaki belakangnya.

> Kemampuan Untuk Menyengat

Perbedaan tawon dan lebah juga bisa diperhatikan melalui kemampuan sengatanya. Lebah dan tawon memiliki ovipositor yang telah di modifikasi secara alami menjadi alat sengat yang menyakitkan. Lebah hanya bisa menyengat sekali, dan tidak dapat menarik kembali sengatannya dari abdomennya. Sehingga alat sengat lebah akan terlepas dari tubuh dan duri sengatannya akan menempel di tubuh si pengganggu.

Baca Juga:  Perbedaan Gymnospermae dan Angiospermae + Contoh

Lebah yang telah berhasil menyengat tubuh seseorang, maka akan mati setelah beberapa saat. Berbeda dengan tawon yang bisa menyengat berkali kali karena dapat menarik sengatannya dari abdomen yang dimilikinnya. Tawon adalah hewan yang memiliki sifat sangat agresif dan langsung menyengat jika mendapatkan gangguan kecil. Berbeda dengan lebah, ia akan tetap tenang dan tidak agresif kecuali jika benar benar merasa terganggu.

> Perbedaan Sarang Tawon dan Sarang Lebah

Perlu anda ketahui jika tawon dan lebah  sama sama akan membuat sebuah sarang hexagonal. Perbedaan sarang keduanya ialah bentuk yang bisa dikenali hanya dengan sekali lihat saja. Sarang lebah akan terbuat dari zat lilin dan menyisir vertikal. Sedangkan sarang tawon akan terbuat dari sekresi kayu yang tercampur dengan saliva. Bentuk sarang tawon pun juga cenderung menyisir melingkar.

Lebah akan membangun sarang di batang pohon, lubang panjang atau box buatan manusia. Sedangkan sarang tawon banyak sekali ditemukan menggantung di genting rumah, langit langit rumah ataupun batang pohon yang tinggi. Perbedaan tawon dan lebah melalui sarang bisa dilihat dari tempat dibangunnya rumah hewan tersebut. Biasanya sarang tawon akan berada di sekitar semak belukar dan bahkan di dalam tanah.

> Cara Makan

Untuk membedakan kedua jenis hewan ini anda bisa melihat konsumsi makanannya. Lebah akan memakan nectar dari macam macam bunga dan merupakan serangga yang sangat berguna dalam proses penyerbukan. Lebah sangat jarang mau mendekat ke arah manusia, kecuali jika di sekitarnya terdapat bunga yang menjadi makanan incaran mereka. Hal ini karena lebah bukan merupakan hewan yang agresif.

Namun tawon adalah hewan yang sangat agresif, sehingga ia tidak akan segan segan untuk mendekat ke arah manusia. Tawon sendiri adalah pemangsa hewan kecil, namun sesekali juga makan nectar. Selain itu perbedaan tawon dan lebah bisa dilihat dari ketertarikan makanan. Tawon memiliki ketertarikan kepada makanan manusia seperti sirup, kopi, teh, cocacola bahkan minuman yang beralkohol.

Baca Juga:  Apa Saja Perbedaan Archaebacteria dan Eubacteria?

> Manfaat Untuk Alam

Tak hanya melalui perilakunya, perbedaan kedua hewan ini juga bisa dilihat dari manfaatnya untuk alam. Lebah adalah hewan yang sangat bermanfaat untuk alam karena bisa membantu proses penyerbukan buah, bunga dan tanaman lainnya. Sedangkan tawon hanya sedikit perannya dalam melakukan penyerbukan. Tawon lebih banyak mengambil peran untuk membasmi serangga serangga kecil seperti lalat, belalang, ulat dan serangga lainnya.

Meskipun demikian tawon juga akan memakan nectar, namun tidak sebanyak lebah. Selain itu lebah memiliki manfaat sebagai penghasil madu, dan bisa menyimpan madu dalam jumlah yang banyak di sarangnya. Sedangkan tawon sama sekali tidak menghasilkan madu dan hanya berguna untuk membasmi serangga saja. Jika sudah mengetahui perbedaan tawon dan lebah, maka Anda harus lebih waspada terhadap tawon, karena akan menyengat siapa saja yang mengusiknya.

Itulah beberapa perbedaan yang bisa anda jadikan acuan untuk membedakan lebah dan tawon yang seringkali dianggap sama oleh banyak orang. Anda bisa melihat bagaimana bentuk tubuhnya, bentuk rumahnya hingga kemampuan untuk menyengat. Perilaku yang paling mudah untuk dikenali adalah sifatnya yang agresif kepada manusia. Lebah tidak mudah mendekat atau menyengat, sedangkan tawon mudah mendekat dan menyengat.

You might like

Avatar

About the Author: Recca Wibisono

Market Analysis Enthusiast lulusan salah satu kampus negeri jurusan manajemen bisnis yang mempunyai hobi belanja